Halaman

Laboratorium

Laboratorium

1.      Pasien datang

2.      Pasien menyerahkan surat permintaan pemeriksaan laboratorium

3.      Petugas mencatat data pemeriksaan pasien di buku register

4.      Pasien dipanggil sesuai nomor urut

5.      Petugas melakukan pengambilan sampel dan penerimaan sampel

6.      Pasien menunggu hasil pemeriksaan, untuk pasien tanpa jaminan diminta untuk melakukan pembayaran di kasir terlebih dahulu

7.      Proses pemeriksaan laboratorium

8.      Penyerahan hasil kepada pasien untuk konsultasi ke yang merujuk

3

Jangka Waktu Penyelesaian

Mengacu pada SK kepala puskesmas nomor                      tentang kebijakan penunjang pelayanan klinis

 

4

Biaya/tarif

1.      Pasien Umum : Sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Lombok tengah No.4 tahun 2017 tentang Retribusi Jasa Umum

2.      Pasien JKN : Sesuai dengan Permenkes No. 59 Tahun 2014 tentang Standar tarif JKN

3.      Pasien Jamkesmas : Sesuai keputusan Menteri sosial RI no. 25/HUK/2015 tentang Penetapan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan, Permenkes no. 40 tahun 2012 tentang pedoman pelaksanaan program jaminan kesehatan masyarakat

4.      Pasien Jampersal : sesuai permenkes no.86 tahun 2019 tentang petunjuk teknis penggunaan dana alokasi khusus nonfisik bidang kesehatan

5

Produk Pelayanan

Hematologi, Kimia darah, Urinalisis, Imunologi- Serologi, Preparat Mikrobiologi, Faeses, HIV/AIDS, Syphilis

6

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

1.      Sosial Media Puskesmas :

Facebook : UPTD Puskesmas Bagu

Instagram : @pkmbagu

2.      Email : puskesmasbagu@gmail.com

3.      Telepon : 087712489970

4.    Website:  puskesmasbagu.lomboktengahkab.go.id

5.      Secara tertulis melalui :

a.    Surat yang ditujukan kepada kepala UPTD Puskesmas Bagu

b.    Kotak Saran

7

Jam Pelayanan

Senin – Kamis : 08.00 – 12.00 WIB

Jumat               : 08.00 10.00 WIB

Sabtu                : 08.00 11.00 WIB



"> -->

Standar Pelayanan Laboratorium

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Persyaratan Pelayanan

Surat permintaan pemeriksaan laboratorium

2

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

1.      Pasien datang

2.      Pasien menyerahkan surat permintaan pemeriksaan laboratorium

3.      Petugas mencatat data pemeriksaan pasien di buku register

4.      Pasien dipanggil sesuai nomor urut

5.      Petugas melakukan pengambilan sampel dan penerimaan sampel

6.      Pasien menunggu hasil pemeriksaan, untuk pasien tanpa jaminan diminta untuk melakukan pembayaran di kasir terlebih dahulu

7.      Proses pemeriksaan laboratorium

8.      Penyerahan hasil kepada pasien untuk konsultasi ke yang merujuk

3

Jangka Waktu Penyelesaian

Mengacu pada SK kepala puskesmas nomor                      tentang kebijakan penunjang pelayanan klinis

 

4

Biaya/tarif

1.      Pasien Umum : Sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Lombok tengah No.4 tahun 2017 tentang Retribusi Jasa Umum

2.      Pasien JKN : Sesuai dengan Permenkes No. 59 Tahun 2014 tentang Standar tarif JKN

3.      Pasien Jamkesmas : Sesuai keputusan Menteri sosial RI no. 25/HUK/2015 tentang Penetapan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan, Permenkes no. 40 tahun 2012 tentang pedoman pelaksanaan program jaminan kesehatan masyarakat

4.      Pasien Jampersal : sesuai permenkes no.86 tahun 2019 tentang petunjuk teknis penggunaan dana alokasi khusus nonfisik bidang kesehatan

5

Produk Pelayanan

Hematologi, Kimia darah, Urinalisis, Imunologi- Serologi, Preparat Mikrobiologi, Faeses, HIV/AIDS, Syphilis

6

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

1.      Sosial Media Puskesmas :

Facebook : UPTD Puskesmas Bagu

Instagram : @pkmbagu

2.      Email : puskesmasbagu@gmail.com

3.      Telepon : 087712489970

4.    Website:  puskesmasbagu.lomboktengahkab.go.id

5.      Secara tertulis melalui :

a.    Surat yang ditujukan kepada kepala UPTD Puskesmas Bagu

b.    Kotak Saran

7

Jam Pelayanan

Senin – Kamis : 08.00 – 12.00 WIB

Jumat               : 08.00 10.00 WIB

Sabtu                : 08.00 11.00 WIB